SILABUS MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK
OTOMOTIF
(DASAR BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA)
Satuan Pendidikan : SMK
/ MAK
Kelas : X
Kompetensi Inti
KI-1.
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI-2.
|
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa
dalam pergaulan dunia.
|
KI-3.
|
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
|
KI-4.
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan
langsung.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Lingkungan hidup dan sumber daya alam sebagai anugrah Tuhan yang
maha Esa harus dijaga kelestarian dan kelangsungan hidupnya.
1.2. Pengembangan dan penggunaan
teknologi dalam kegiatan belajar harus selaras dan tidak merusak dan
mencemari lingkungan, alam dan manusia
|
|
|
|
|
|
2.1
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti dalam mengidentifikasi peralatan ( hand tools, power
tools, special tools dan workshop tools)
2.2
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti dalam memahami dan membaca alat ukur sesuai SOP
2.3
Menunjukkan
sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan langkah-langkah kerja
sesuai standar kerja / SOP
2.4
Menunjukkan
sikap peduli terhadap keselamatan kerja melalui kegiatan K3, serta peka
terhadap dampak yang ditimbulkan dari kegiatan kerja (dampak kontaminasi dan
bahaya kebakaran)
2.5
Menunjukkan
sikap cermat dan teliti sewaktu bekerja dengan peralatan listrik, elektronik
dan baterai
2.6
Menerapkan
keselamatan kerja dalam pelaksanaan pekerjaan (perawatan, perbaikan ditempat
kerja)
|
|
|
|
|
|
3.1
Mengidentifikasi
jenis-jenis hand tool sesuai fungsinya
4.1
Menggunakan dan merawat macam-macam hand tools sesuai dengan SOP.
|
·
Peralatan bengkel otomotif
·
Peralatan kerja bangku
|
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam alat-alat tangan
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi
atau hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat tangan
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam peralatan tangan
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis alat tangan
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis
peralatan tangan.
Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan peralatan sesuai dengan SOP
|
Tugas
Membentuk benda dengan gergaji, kikir dan peralatan lain
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Portofolio
Hasil kerja dinilai berdasarkan ketepatan dimensi, kerataan dan
kehalusan
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
28 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan
Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Daryanto.1988. Alat Perkakas Bengkel.
Jakarta: PT Bina Akasara.
·
Buku Manual peralatan
|
3.2
Mengidentifikasi
Jenis-jenis power tools sesuai dengan fungsinya
4.2
Menggunakan dan merawat macam-macam power tools sesuai dengan SOP.
|
·
Power tools dan
penerapannya
Mengebor dan membuat ulir
|
Mengamati
Tayangan atau simulasi macam-macam power tools
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi
atau hal-hal yang berhubungan dengan power tools
Mengeksplorasi
Menuliskan atau
menyebutkan macam-macam power tools
Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis power tools
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis power
tools
Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan power tools sesuai dengan SOP.
|
Tugas
Menuliskan prosedur penggunaan power tool sesuai pembagian kelompoknya
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
28 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan
Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan
Bengkel Otomotif. Yogyakarta: Andi
Publisher
·
Buku Manual peralatan
|
3.3
Mengidentifikasi peralatan workshop equipment
sesuai peruntukannya
4.3
Menggunakan dan merawat macam-macam workshop equipment
|
·
Workshop equipment
dan aplikasinya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam workshop equipment
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi
atau hal-hal yang berhubungan dengan workshop equipment
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam workshop equipment
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis workshop equipment
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis workshop
equipment Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan workshop equipment sesuai dengan SOP.
|
Tugas
Menuliskan prosedur penggunaan dongkrak dan carlift sesuai pembagian
kelompoknya
Portofolio
Membuat laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang
compressor dan alat press.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
24 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan
Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan
Bengkel Otomotif. Yogyakarta: Andi
Publisher
|
3.4
Mengidentifikasi jenis-jenis special
service tools sesuai fungsinya
4.4
Menggunakan special
service tools sesuai dengan SOP
|
·
special
service tools dan penerapannya
|
Mengamati
Tayangan atau simulsi macam-macam special service tools
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan special
service tools
Mengeksplorasi
· Menuliskan atau menyebutkan macam-macam special
service tools
· Membuat perbandingan kelebihan jenis-jenis special
service tools
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan jenis-jenis special
service tools Mengkomunikasikan
Menerapkan penggunaan special
service tools sesuai
dengan SOP.
|
Tugas
Menuliskan prosedur penggunaan masing-masing jenis SST
Portofolio
· Membuat laporan hasil kerja mandiri/kelompok tentang SST.
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
20 JP
|
·
Johny Muharam dkk. 2005. Penggunaan
Dan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Tempat Kerja. Jakarta : Direktorat
Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
·
Zevy D. Maran. 2008. Peralatan
Bengkel Otomotif. Yogyakarta: Andi
Publisher
|
3.5 Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur mekanik dan fungsinya
4.5 Menggunakan alat-alat ukur
mekanik sesuai operation manual
|
·
Satuan metric dan british
·
Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur mekanik
·
Penggunaan alat – alat ukur mekanik
|
Mengamati
Tayangan atau paparan
disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai alat ukur
mekanik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat ukur
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat
ukur mekanik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda guru.
|
Tugas
·
Menyelesaikan
soal-soal turuna matric dan konversi ke dalam satuan british
·
Menuliskan
nama alat alat ukur mekanik dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
32 JP
|
·
Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid
1). Jakarta: Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK
dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·
Kosim. 2005.
Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan
|
3.6 Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur elektrik dan elektronik serta fungsinya
4.6 Menggunakan alat-alat ukur
elektrik dan elektronik sesuai operation manual
|
·
Satuan alat ukur listrik dan elektronik
·
Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur elektrik dan
elektronik
·
Penggunaan alat – alat ukur elektrik dan elektronik
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai
alat ukur elektrik dan elektronik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat elektrik dan
elektronik
Mengasosiasi
·
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat
ukur elektrik dan elektronik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda
guru.
|
Tugas
·
Menuliskan
nama alat alat ukur elektrik dan elektronik dan penggunaannya.
.
Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
30 JP
|
·
Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid
1). Jakarta: Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK
dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·
Kosim. 2005.
Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan
|
3.7 Mengidentifikasi jenis-jenis
alat ukur pneumatik serta fungsinya
4.7 Menggunakan
alat-alat ukur pneumatik sesuai
operation manual
|
·
Satuan dan besaran pneumatik
·
Jenis, spesifikasi dan fungsi alat ukur peneumatik
·
Penggunaan alat – alat ukur pneumatik
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan disertai gambar atau benda asli sebagai contoh, dari berbagai
alat ukur peneumatik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi fungsi masing-masing alat peneumatik
Mengasosiasi
·
Membuat ulasan tentang kesamaan dan perbedaan fungsi macam-macam alat
ukur peneumatik
Mengkomunikasikan
Melakukan pengukuran dan hasilnya pembacaanya dikomunikasikan peda
guru.
|
Tugas
Menuliskan nama alat alat ukur pneumatic dan penggunaannya.
Observasi
Mengamati keaktifan dan kemampuan siswa dalam membaca hasil pengukuran
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid
1). Jakarta: Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK
dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·
Kosim. 2005.
Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan
|
3.8 Pemeliharaan
alat ukur
4.8 Merawat alat-alat ukur
sesuai SOP dan service manual
|
·
Sistem pemeliharaan alat ukur
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan disertai gambar tentang pemeliharaan alat ukur
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·
Mengeksplorasi penyimpanan alat-alat ukur yang benar
Mengasosiasi
Membuat ulasan tentang perbedaan secara mendasar tentang perbedaan
pemelihaan jenis-jenis alat ukur
Mengkomunikasikan
Melakukan penataan dan pemeliharaan alat-alat kur
|
Tugas
Menuliskan prosedur perawatan jenis-jenis alat ukur.
Portofolio
· Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok tentang pemeliharaan alat ukur
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Sri Wahyuni dkk. 2008. Alat Ukur dan teknik pengukuran (jilid
1). Jakarta: Direktorat Pembinaan
Sekolah Menengah Kejuruan
·
Th. Katman. 2009. Modul: Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur SMK
dan MAK. Surabaya: Erlangga.
·
Kosim. 2005.
Penggunaan Dan Pemeliharaan Alat-Alat Ukur. Jakarta: Direktorat
Pendidikan Menengah Kejuruan
|
3.9 Menjelaskan
keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sesuai UU K3
4.9 Melaksanakan K3 sesuai UU
|
·
Undang-undang K3 dan turunannya
·
Potensi bahaya pada lingkungan kerja
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan K3 sesuai UU
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·
Mengemukakan contoh-contoh K3 dalam pekerjaan di otomotif
Mengasosiasi
·
Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
Tugas
Menuliskan prosedur K3 pada salah satu jenis pekerjaan, misalnya tune
up, rem atau kelistrikan
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
UU K3 No. 1 tahun 1970
·
Buku
paket K3 Depnakertrans, 2009
·
|
3.10 Memahami
kontaminasi pada bahan bakar, olie dan bodi sesuai standar lingkungan kerja
4.10 Melaksanakan prosedur
pencegahan kontaminasi
|
·
Prosedur dan perlengkapan PPPK
·
Potensi kontaminasi pada bahan bakar; olie dan bodi
kendaraan
·
Kebersihan dan kerapian bengkel
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan tentang kontaminasi, dan PPPK.
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·
Mengemukakan atau menuliskan contoh-contoh kontaminasi
Mengasosiasi
·
Membuat ulasan pentingnya K3
Mengkomunikasikan
Melakukan K3 sesuai pekerjaan yang dilaksanakan
|
Tugas
Menuliskan prosedur PPPK dilingkungan kerja
Observasi
Mengamati keaktifan siswa dalam melakukan praktik perawatan alat ukur
Tes
Pilihan Ganda/Essay
|
16 JP
|
·
Alton Thygerson . 2011.
Pertolongan Pertama: First Aid.
·
Peraturan
Menteri Tenaga Kerja RI No.15 tahun 2008 –Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan
di tempat Kerja
§ NN.PMI Kota Bogor – Perdarahan/2010
|
3.11 Memahami
penggunaan pemadaman kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
4.11
Melaksanakan
prosedur pemadaman api / kebakaran sesuai klasifikasi kebakaran
|
·
Peralatan ,klasifikasi kebakaran dan prosedur pemadaman
|
Mengamati
·
Tayangan atau paparan tentang Peralatan ,klasifikasi
kebakaran dan prosedur pemadaman
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau paparan.
Mengeksplorasi
·
Menuliskan pentingnya pencegahan
Mengasosiasi
·
Membuat ulasan pentingnya peralatan pemadam kebakaran
Mengkomunikasikan
Melakukan pencegahan terjadinya kebakaran dan penggunaan APAR .
|
Tugas
Menuliskan prosedur pencegahan terjadinya kebakaran
Portofolio
· Ceklish tindakan dalam simlasi penggunaan APAR
Tes
Pilihan Ganda, Essay
|
14 JP
|
·
Mochamad
Zaini (2006), Panduan Pencegahan dan Pemadaman
Kebakaran, Abdi Tandur, Jakarta.
·
Anonymous.
2012. APAR, http://pemadam113ciamis.wordpress.com.
12 November 2012
·
|
No comments:
Post a Comment