Saturday 13 May 2017

contoh rpp smk otomotif kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan       : SMK Negeri 1 Adiwerna
Mata Diklat                  : Keterampilan Dasar Teknik Otomotif  (KDTO)
Kelas/Semester                       : X/1
Pertemuan ke               : 1 s/d 4
Alokasi waktu             :     X 45 menit
Kompetensi Dasar       : Menggunakan Peralatan dan perlengkapan perbaikan
I.                   Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat
a.       Mengetahui  peralatan dan perlengkapan perbaikan
b.      Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan
c.       Membuat benda kerja sederhana

II.                            Indikator
a.         Mengidentifikasi jenis-jenis hand tools sesuai fungsinya
b.         Mengidentifikasi jenis-jenis power tools sesuai fungsinya
c.         Mengganti bearing dan komponen lain dengan hidrolik press dilakukan sesuai dengan prosedur
d.         Pembentukan benda kerja sederhana, peralatan dan penyikuannya dilakukan sesuai prosedur kerja
e.         Penguliran benda kerja secara manual dilakukan sesuai SOP
f.          Pengetapan benda kerja secara manual dilakukan sesuai SOP
III.                         Materi Pembelajaran
a.       Hand tools, Power tools dan penerapannya
b.      Workshop equipment dan aplikasinya
c.       Special tools dan penerapannya
d.      Pelepasan dan Pemasangan bearing dengan hidraulik press
e.       Pembuatan benda kerja sederhana
f.       Penguliran dan Pengetapan benda kerja secara manual

IV.              Media Pembelajaran
a.       Laptop
b.      LCD Proyektor
c.       Papan tulis
d.      Spidol
e.       Peralatan dan perlengkapan perbaikan
f.       Alat tangan
g.       Alat hidrolik

V.                             Sumber Belajar
a.       Buku Ototronik
b.      Berbagai tipe alat tangan
c.       Benda kerja

VI.              Langkah-langkah Pembelajaran
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dimuka, langkah-langkah pembelajaran dirancang  agar dapat diselesaikan dalam 4 ( empat ) kali tatap muka ( 4 x 6 jam x 45 ‘) dengan strategi pembelajaran tiap tatap muka sebagai berikut :
Pertemuan ke 1 (6 x 45 menit)
a.      Pendahuluan
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Persiapan untuk berdoa
·         Memastikan kondisi kelas kondusif
·         Menempati tempat duduk dengan tertib
·         Berdoa
5 menit
2
·         Mengabsen siswa
·         komunikasi
10 menit
b.      Kegiatan Inti
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

EKSPLORASI


1
·         Memberikan pengarahan tentang materi awal dan pengenalan materi
·         Memperhatikan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Memberikan pertanyaan tentang materi yang akan disampaikan
·         Siswa menjawab pertanyaan dari guru
10 menit

ELABORASI


1
·         Memaparkan kompetensi dan sub-kompetensi dari materi
·         Menjelaskan, metode penilaian dan remedial
·         Menjelaskan jenis-jenis hand tools dan power tools sesuai fungsinya
·         Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menggunakan hand tools
·         Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menggunakan power tools
·         Mendengarkan penjelasan materi
·         Menanyakan materi bila kurang paham
·         Berinteraksi secara aktif dengan guru dan teman belajar
120 menit

KONFIRMASI


1
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan hand tools dan power tools
·         Siswa bertanya kepada guru
·         Siswa menggunakan hand tools dan power tools secara bergantian
90 menit
c.       Penutup
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Menyimpulkan materi yang disampaikan dan mengingatkan siswa untuk belajar
·         Mendengarkan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Persiapan pulang dan berdoa

5 menit
3
·         Guru mengawasi siswa yang piket untuk membersihkan ruang
·         Siswa membersihkan ruang kelas
10 menit


Pertemuan ke 2 (6 x 45 menit)
a.       Pendahuluan
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Persiapan untuk berdoa
·         Memastikan kondisi kelas kondusif
·         Menempati tempat duduk dengan tertib
·         Berdoa
5 menit
2
·         Mengabsen siswa
·         komunikasi
10 menit
b.      Kegiatan Inti
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

EKSPLORASI


1
·         Memberikan pengarahan tentang materi awal dan pengenalan materi
·         Memperhatikan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
·         Siswa menjawab pertanyaan dari guru
10 menit

ELABORASI


1
·         Memaparkan kompetensi dan sub-kompetensi dari materi
·         Menjelaskan, metode penilaian dan remedial
·         Mengidentifikasi peralatan workshop sesuai peruntukannya
·         Menjelaskan jenis special tools sesuai fungsinya
·         Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menggunakan peralatan workshop
·         Menjelaskan dan mendemonstrasikan cara menggunakan special tools
·         Mendengarkan penjelasan materi
·         Menanyakan materi bila kurang paham
·         Berinteraksi secara aktif dengan guru dan teman belajar
120 menit

KONFIRMASI


1
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan workshop equipment dan special tools
·         Siswa bertanya kepada guru
·         Siswa menggunakan workshop equipment dan special tools secara bergantian
90 menit
c.       Penutup
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Menyimpulkan materi yang disampaikan dan mengingatkan siswa untuk belajar
·         Mendengarkan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Persiapan pulang dan berdoa

5 menit
3
·         Guru mengawasi siswa yang piket untuk membersihkan ruang
·         Siswa membersihkan ruang kelas
10 menit

Pertemuan ke 3 (6 x 45 menit)
a.       Pendahuluan
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Persiapan untuk berdoa
·         Memastikan kondisi kelas kondusif
·         Menempati tempat duduk dengan tertib
·         Berdoa
5 menit
2
·         Mengabsen siswa
·         komunikasi
10 menit
b.      Kegiatan Inti
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

EKSPLORASI


1
·         Memberikan pengarahan tentang materi awal dan pengenalan materi
·         Memperhatikan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
·         Siswa menjawab pertanyaan dari guru
10 menit

ELABORASI


1
·         Memaparkan kompetensi dan sub-kompetensi dari materi
·         Menjelaskan, metode penilaian dan remedial
·         Mengganti bearing dan komponen lain dengan hidrolik press
·         Pembentukan benda kerja sederhana secara manual
·         Mendengarkan penjelasan materi
·         Menanyakan materi bila kurang paham
·         Berinteraksi secara aktif dengan guru dan teman belajar
90 menit

KONFIRMASI


1
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk Mengganti bearing dan komponen lain dengan hidrolik press
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat benda kerja sederhana
·         Siswa bertanya kepada guru
·         Siswa menggunakan hidrolik press  dan membuat benda kerja  secara bergantian
120 menit
c.       Penutup
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Menyimpulkan materi yang disampaikan dan mengingatkan siswa untuk belajar
·         Mendengarkan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Persiapan pulang dan berdoa

5 menit
3
·         Guru mengawasi siswa yang piket untuk membersihkan ruang
·         Siswa membersihkan ruang kelas
10 menit

Pertemuan ke 4 (6 x 45 menit)
a.       Pendahuluan
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Persiapan untuk berdoa
·         Memastikan kondisi kelas kondusif
·         Menempati tempat duduk dengan tertib
·         Berdoa
5 menit
2
·         Mengabsen siswa
·         komunikasi
10 menit
b.      Kegiatan Inti
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu

EKSPLORASI


1
·         Memberikan pengarahan tentang materi awal dan pengenalan materi
·         Memperhatikan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Memberikan pertanyaan tentang materi sebelumnya
·         Siswa menjawab pertanyaan dari guru
10 menit

ELABORASI


1
·         Memaparkan kompetensi dan sub-kompetensi dari materi
·         Menjelaskan, metode penilaian dan remedial
·         Menjelaskan dan mendemonstrasikan penguliran benda kerja secara manual dilakukan sesuai SOP
·         Menjelaskan dan mendemonstrasikan pengetapan benda kerja secara manual dilakukan sesuai SOP
·         Mendengarkan penjelasan materi
·         Menanyakan materi bila kurang paham
·         Berinteraksi secara aktif dengan guru dan teman belajar
90 menit

KONFIRMASI


1
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat ulir pada bendakerja
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengetap benda kerja
·         Siswa bertanya kepada guru
·         Siswa membuat ulir dan melakukan pengetapan secara bergantian
120 menit
c.       Penutup
No
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
1
·         Menyimpulkan materi yang disampaikan dan mengingatkan siswa untuk belajar
·         Mendengarkan pengarahan dari guru
10 menit
2
·         Persiapan pulang dan berdoa

5 menit
3
·         Guru mengawasi siswa yang piket untuk membersihkan ruang
·         Siswa membersihkan ruang kelas
10 menit


Mengetahui :                                                               Adiwerna ,      Oktober   2013
Kepala SMK  Negeri 1  Adiwerna                             Guru Mata Pelajaran

           



Dr. Anon Priyantoro, S.Pd, M.Pd                              Yoga Ari Wibowo, S.Pd
NIP. 19730501 199801 1 001                                                NIP. 19950330 199203 1 004


No comments:

Post a Comment