Contoh link download rpp pengapian kurikulum 2013 klik di SINI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK IPT Karangpanas Semarang
Matapelajaran : Teknik Listrik Otomotif (TLO)
Kelas/Semester : X/Ganjil
Materi Pokok : Menerapkan
Teknik Listrik Dasar Otomotif
Alokasi Waktu : 3
x 45 menit (135
menit)
Pertemuan
Ke :
1,2,3,4,5,6,7, dan 8
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotong-royong, kerjasama,
toleransi, damai), santun, responsive, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi seni
budaya dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif kreatif dan mampu
melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
-
Menerapkan Teknik Listrik
Dasar Otomotif
Indikator:
- Peserta
didik mampu mengidentifikasi ,merangkai dan menguji komponen dasar
listrik
- Peserta didik mampu menjelaskan fungsi
kelistrikan
- Peserta didik mampu merawat komponen kelistrikan
- Peserta didik mampu melaksanakan pekerjaan kelistrikan
dasar
C. Tujuan
Pembelajaran :
- Mengidentifikasi konponen dasar listrik sesuai fungsi dan
spesifikasi
-Merangkai komponen dasar kelistrikan
sesuai gambar kerja
-Menguji rangkaian seri dan pararel
sesuai prosedur pengujian
D.
Materi Pembelajaran
1. Dasar-dasar
Kelistrikan Otomotif
2. Baterrai
3. Dasar-dasar elektronika
E. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran koperatif (cooperative
learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
b.
LCD.
a.
Power point.
b.
Internet
2. Alat/Bahan:
Komponen
kelistrikan
3. Sumber Belajar:
a.Modul Produktif ESEMKA
b.buku New
Step 2
c.buku Pelatihan Teknik Honda
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
·
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, Peserta didik diajak memecahkan masalah pada materi menjelaskan besaran
listrik sesuai kaidah kelistrikan
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat menjelaskan besaran
listrik sesuai kaidah kelistrikan sesuai fungsinya.
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik menjelaskan
besaran listrik sesuai kaidah kelistrikan
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam pembahasan
materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
· Peserta didik diminta menyimpulkan tentang materi menjelaskan
besaran listrik sesuai kaidah kelistrikan
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan
tentang materi yang di
sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan kedua
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Peserta didik mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
2. Peserta didik mendapat penjelasan sekilas tentang materi pelajaran yang akan
diberikan
3. Peserta didik mandapat beberapa pertanyaan sebagai pree test
·
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah pada materi menjelaskan Hukum
Ohm
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu siswa dapat menjelaskan
Hukum Ohm
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik mengamati dan
memahami mengidentifikasi,
menjelaskan Hukum Ohm
·
Peserta
didik mengamati dan memahami mengidentifikasi, menjelaskan Hukum
Ohm
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang materi mengidentifikasi, menjelaskan Hukum Ohm
Dengan bantuan
presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan
untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
·
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, Peserta didik diajak memecahkan masalah pada materi menjelaskan Hukum
Kirchof kaidah Flaming
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat menjelaskan Hukum Kirchof
kaidah Flaming
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik menjelaskan
Hukum Kirchof kaidah Flaming
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang materi menjelaskan Hukum Kirchof
kaidah Flaming
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan keempat
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
·
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, Peserta didik diajak memecahkan masalah pada materi menjelaskan cara menggunakan
AVO meter untuk pengukuran Tahanan,Tegangan dan Arus
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat menjelaskan cara menggunakan
AVO meter untuk pengukuran Tahanan,Tegangan dan Arus.
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik menjelaskan
cara menggunakan AVO meter untuk pengukuran Tahanan,Tegangan dan Arus
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang materi menjelaskan cara menggunakan
AVO meter untuk pengukuran Tahanan,Tegangan dan Arus
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan kelima
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
·
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, Peserta didik diajak memecahkan masalah pada materi menjelaskan rangkaian
seri dan paralel
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat menjelaskan rangkaian seri
dan paralel
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik menjelaskan
rangkaian seri dan paralel
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang materi menjelaskan rangkaian seri
dan paralel
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan keenam
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
Ø Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
Peserta didik diajak memecahkan masalah
menjelaskan rangkaian gabungan ( Seri Paralel )
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat menjelaskan rangkaian
gabungan ( Seri Paralel )
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
Peserta menjelaskan
rangkaian gabungan ( Seri Paralel )
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang materi menjelaskan rangkaian
gabungan ( Seri Paralel )
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan ketujuh
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
Ø Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis,
Peserta didik diajak memecahkan masalah
pada materi menjelaskan tentang kemagnitan ( Induksi
sendiri, mutual pada magnit )
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat menjelaskan tentang
kemagnitan ( Induksi sendiri, mutual pada magnit )
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik menjelaskan
tentang kemagnitan ( Induksi sendiri, mutual pada magnit )
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang materi menjelaskan tentang
kemagnitan ( Induksi sendiri, mutual pada magnit )
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
Pertemuan kedelapan
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengucapkan salam,memimpin doa, absensi
·
Menjelaskan
sekilas tentang materi pelajaran yang akan diberikan
·
Menyampaikan
beberapa pertanyaan sebagai pree test
·
Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis,
·
Peserta
didik diajak memecahkan masalah pada
materi evaluasi dasar listrik
Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu Peserta didik dapat memberikan pertanyaan
tentang materi sebelumnya (refresh of matter)
Ø Guru
memotivasi Peserta didik
Ø Apersepsi
untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif
Ø Tanya jawab berkaitan
|
20 menit
|
2
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Peserta
didik evaluasi
dasar listrik
MENANYA
MENALAR
MENCOBA
MENGKOMUNIKASIKAN
• Peserta
didik berkomunikasi dalam
pembahasan materi saat bediskusi
|
20 menit
20 menit
60 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Peserta
didik diminta menyimpulkan
tentang evaluasi dasar listrik
·
Dengan
bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan
disimpulkan tentang
materi yang di sampaikan
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
I.
Alat
/ Bahan / Sumber Belajar / Media Pembelajaran
A. Alat
1. Buku
Tulis
2. Ball
point
B. Bahan
1. Papan
Tulis dan
2. Kelengkapan
lainya
C. Sumber
Belajar
1. Buku
Toyota New Step 1
2. Modul
Daihatsu Training Mecanik
D. Media
Pembelajaran
1. LCD
Proyektor
2. Laptop
II.
Penilaian
A. Test
Lisan
B. Test
Tertulis
C. Test
Praktek
D. Penugasan
III.
Kriteria
Penilaian
1.
ASPEK PENILAIAN UJI KOMPETENSI TEORI
No
|
ASPEK
PENILAIAN
|
NILAI
MAKS
|
NILAI
PEROLEHAN
|
KET
|
1
|
Soal
no 1
Soal
no 2
|
5
15
|
||
2
|
Soal
no 3
Soal
no 4
Soal
no 5
Soal
no 6
Soal
no 7
Soal
no 8
Soal
no 9
Soal
no 10
|
10
10
10
10
10
10
10
10
|
||
Jumlah
Nilai
|
100
|
2.ASPEK
PENILAIAN UJI KOMPETENSI PRAKTEK
No
|
ASPEK
PENILAIAN
|
NILAI
MAKS
|
NILAI
PEROLEHAN
|
KET
|
1
|
Soal
no 1
Soal
no 2
|
5
15
|
||
2
|
Soal
no 3
Soal
no 4
Soal
no 5
Soal
no 6
Soal
no 7
Soal
no 8
Soal
no 9
Soal
no 10
|
10
10
10
10
10
10
10
10
|
||
Jumlah
Nilai
|
100
|
IV.
Pedoman
Penilaian:
v Nilai
teori siswa lulus jika memperoleh nilai 7,60 keatas
v Nilai
praktek diukur berdasarkan hasil, siswa mampu melakukan pekerjaan pemeriksaan,
pengukuran, penyetelan dan pemasangan komponen kelistrikan otomotif yang tidak
menyebabkan kerusakan komponen lainnya.Nilai KKM 7,60 keatas.
Semarang, Juli 2016
Mengetahui:
Guru
Mata Pelajaran Teknik
Ka. Kompetensi TKR Listrik Dasar Otomotif (TLDO)
Ruby Budhiarto, S.Pd. F.Sulis Irianto,S.Pd.,M.Pd
Kepala Sekolah
Ario Suprobo,S.Pd,M.Pd
No comments:
Post a Comment