RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMA Negeri 1 Bergas Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Tari) Kelas/Semester : X/1 Materi Pokok : Ragam gerak dasar tari Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran A. Tujuan Pembelajaran Melalui proses membaca, mendengarkan, mengamati, menanyakan dan berdiskusi siswa dapat: • Menjelaskan definisi ragam gerak dasar tari. • Menjelaskan definisi ragam gerak dasar tari • Mengidentifikasi ragam gerak dasar tari • Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian B. Kompetensi Inti 1. KI 3 :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 2. KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. C. Kompetensi Dasar dan Indikator 1. KD. 3.1 Memahami bentuk dan jenis ragam gerak dasar tari. Indikator: • Menjelaskan definisi gerak. • Menjelaskan definisi ragam gerak tari tradisi. • Mengidentifikasi ragam gerak tari tradisi. • Mengelompokkan ragam gerak tari tradisi. 2. KD. 4.1 Memeragakan berbagai macam bentuk ragam gerak dasar tari. D. Materi Pembelajaran Fakta • Ragam gerak dasar tari Topeng Ireng • Karya tari tradisional kerakyatan • Peragaan tari Topeng Ireng sesuai iringan Konsep • Definisi seni tari adalah seni mengekspresikan nilai batin melalui gerak yang indah dari tubuh/fisik dan mimik. Iringan musik secara auditif mendukung kesan visul yang ada • Gerak dasar tari merupakan substansi baku dalam tari. Bagian fisik manusia yang dapatmenyalurkan ekspresi batin dalam bentuk gerak antara lain: jari-jari tangan, pergelangan tangan, siku-siku tangan, bahu, leher, kepala, mulut lutut, mata, pinggul dan lain-lain. Prinsip Gerak imitatif Adalah gerakan tari yang dilakukan sebagai hasil dari eksplorasi gerak yang ada dalam alam ini selain gerak manusia. Misalnya gerakan hewan tertentu, tumbuhan, atau benda lain yang memiliki ciri gerakan tertentu. Gerak imajinatif Adalah gerak rekayasa manusia dalam bentuk suatu tarian. Terdiri dari gerak maknawi dan gerak murni. Gerak maknawi Adalah gerak tari yang mengandung arti atau mempunyai maksud tertentu. Gerak tersebut biasanya memiliki ciri khas yang mudah dimengerti oleh penonton. Misalnya gerak menolak, melamun, mengiyakan, dan sebagainya. Gerak murni Adalah gerak yang tidak mengandung arti, namun masih mengandung unsur keindahan gerak. Gerak ini dibuat semata-mata agar suatu tarian tampak indah. Wirama tandak Adalah wirama yang ajeg (tetap) dan murni dengan ketukan dan aksen yang berulang-ulang dan teratur. Wirama bebas Adalah wirama yang tidak selalu memiliki ketukan dengan aksen yang berulang-ulang dan teratur. E. Metode Pembelajaran • Eksplorasi • Diskusi • Presentasi • Penugasan F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran 1. Media LCD Projector Video karya seni tari tradisional kerakyatan Topeng Ireng dan kreasi 2. Sumber Informasi melalui media cetak dan internet, Video tari Topeng Ireng dan karya seni tari. G. Langkah Kegiatan Pembelajaran Setelah merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni tari yang pernah mereka lihat, siswa saling bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni tari yang pernah mereka lihat. Selanjutnya siswa membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur serta melihat tayangan video tentang tari Topeng Ireng dan berbagai karya seni tari. Siwa saling bertanya tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, prosedur dan berbagai macam musik iringan ragam gerak dasar tari. Siswa dibagi dalam 6 (enam) kelompok dan diminta untuk mengumpulkan informasi tentang contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan, kemudian mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. Selama proses pembelajaran dilakukan pembimbingan dan penilaian aktifitas siswa. Setelah merefleksi pengalaman siswa tentang proses penampilan karya seni tari, siswa saling bertanya secara lesan tentang bahan dan alat serta teknik, konsep, dan prosedur dalam penampilan karya seni tari. Kemudian siswa mengamati proses pertunjukan tari Topeng Ireng melalui, dilanjutkan dengan tanya jawab tentang langkah-langkah ragam gerak tari Topeng Ireng. Siswa secara individu diminta untuk merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai dengan teknik, konsep, dan prosedur sesuai dengan minatnya. Setelah mereviu tentang gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan, siswa saling menanya tentang kesesuaian bahan dan alat yang telah mereka bawa dengan hasil rancangan gerak dasar tari yang telah mereka amati. Lalu mencoba untuk mempresentasikannya secara bergantian. Pertemuan Kesatu: Rincian Kegiatan Waktu Pendahuluan/ Kegiatan Awal • Merefleksi pengalaman siswa tentang karya-karya seni tari yang pernah mereka lihat. • Menjelaskan kaitannya dengan pengalaman mereka terhadap kompetensi dasar yang akan dipelajari. • Menyampaikan tujuan pembelajaran. • Bertanya secara lesan tentang macam-macam karya seni tari yang pernah mereka lihat.. 15 menit Kegiatan Inti Mengamati 1. Siswa membaca dari berbagai sumber belajar tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur 2. Siswa melihat tayangan video tari Topeng Ireng dan karya seni tari 3. Guru mengamati dan menilai aktifitas siswa. Menanyakan 1. Siswa saling bertanya tentang ragam gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur 2. Siswa saling bertanya tentang berbagai macam musik iringan ragam gerak dasar tari. Mengeksplorasi 1. Siswa dibagi dalam 6 (enam) kelompok. 2. Siswa dalam kelompok diminta untuk mengumpulkan informasi tentang contoh gerak dasar tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan. 3. Masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian. 4. Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan presentasi serta membimbing diskusi mereka. Mengasosiasi 1. Siswa membandingkan gerak dasar tari di lingkungan tempat tinggal siswa dengan daerah lain berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur 2. Siswa membandingkan bentuk penyajian gerak dasar tari daerah tempat tinggal siswa dengan daerah lain 3. Siswa membandingkan musik iringan gerak dasar tari di lingkungan tinggal siswa dengan daerah lain 4. Masing-masing kelompok berdiskusi tentang gerak dasar tari, bentuk penyajian tari dan musik iringan tari berdasarkan teknik, konsep, dan prosedur 5. Guru membimbing dan menilai aktifitas siswa dalam berdiskusi. Mengomunikasikan 1. Siswa dalam kelompok menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh 2. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian 3. Guru mengamati, menilai serta membimbing aktifitas siswa dalam berdiskusi. 60 menit Penutup : • Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian ragam gerak dasar tari • Guru bersama siswa menyimpulkan teknik, konsep, dan prosedur ragam gerak dasar tari • Guru bersama siswa menyimpulkan musik iringan dasar gerak tari • Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari proses penampilan karya seni tari serta mengidentifikasi bahan dan alat yang dibutuhkan • Guru menugaskan kepada siswa membawa bahan dan alat yang dibutuhkan dalam merangkai berbagai gerak dasar tari untuk pertemuan berikutnya 15 menit H. Penilaian 1. Jenis/teknis penilaian Penilaian dilakukan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi kerja kelompok dan kerja individu, presentasi, dan laporan/sinopsis. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui merangkai berbagai gerak dasar tari sesuai dengan teknik, konsep, dan prosedur sesuai iringan (sesuai pilihannya). 2. Bentuk Instrumen dan Instrumen Instrumen kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan kinerja presentasi dengan fokus penilaian pada: komunikasi, sistematikan penyajian, wawasan, keberanian, antusias dan penampilan. 3. Pedoman peskoran Pedoman penskoran terlampir. I. Sumber/Referensi • Buku Teks Pelajaran Seni Budaya Kelas X SMA • Informasi melalui internet • Informasi melalui media audio visual • Video pertunjukan tari Topeng Ireng LAMPIRAN Kompetensi Dasar : 3.1 Memahami bentuk dan jenis ragam gerak dasar tari 4.1 Memeragakan berbagai macam bentuk ragam gerak dasar tari. Indikator : • Menjelaskan definisi gerak. • Menjelaskan definisi ragam gerak tari tradisi. • Mengidentifikasi ragam gerak tari tradisi. • Mengelompokkan ragam gerak tari tradisi. Materi Pembelajaran : 1. Definisi gerak adalah media utama tari, gerak yang dibuat sudah mengalami penghalusan atau distorsi. 2. Macam gerak : a. Gerak maknawi adalah gerak yang mengandung arti tertentu atau simbol tertentu. b. Gerak murni adalah gerak yang tidak mengandung arti apapun hanya untuk menambah unsur keindahan. 3. Macam- macam gerak tari tradisi : a. Ragam gerak tangan b. Ragam gerak kaki c. Ragam gerak badan d. Ragam gerak kepala 4. Macam- macam ragam gerak tangan, kaki, kepala dan badan : • Tangan : Nyekiting, Ngrayung/Ngruji, ukel, Ulap- ulap, Tawing, Mentang, Kapang- kapang, Nyempurit, Kebyok, Seblak • Kaki : Debeg, Gejuk, Srisig, Kengser, Tanjak, Ingset, Srimpet, Mancat, Napak • Badan : Leyek, Hoyog, Mendak, Ogek Lambung • Kepala : Tolehan, Gedeg, Pacak Gulu, Lenggut, Ceklek Lampiran LEMBAR PENILAIAN Nama : ____________________ NIS : ____________________ Kelas : ____________________ Pokok Bahasan : Ragam Gerak Tari Tradisi Petunjuk Penilaian Keterampilan: Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai A. Jika siswa dapat menjawab soal dengan baik dan benar B. Jika siswa dapat menjawab soal tetapi jawaban kurang tepat C. Jika siswa tidak dapat menjawab soal tetapi selalu mendengarkan guru ketika sedang menerangkan D. Jika siswa tidak dapat menjawab soal No. Butir Soal Skor A (20-16) B (15-11) C (10-6) D (5-1) 1 Jelaskan definisi tari tradisional kerakyatan 2 Jelaskan nilai estetis yang terkandung pada tari Topeng Ireng 3 Sebutkan ragam gerak pada tari Topeng Ireng dengan baik dan benar. 4 Jelaskan iringan musik pada tari Topeng Ireng 5 Peragakan masing-masing satu contoh gerakan yang ada pada tari Topeng Ireng Total Nilai = LEMBAR RUBRIK Nama : ____________________ NIS : ____________________ Kelas : ____________________ Petunjuk : Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai! No. Indikator Pengamatan Ya Tidak 1 Jujur • Mengerjakan tugas sesuai dengan pendapat / jawaban dari diri sendiri • Mengerjakan tes tertulis sesuai dengan pendapat / jawaban dari diri sendiri 2 Bertanggung jawab • Mengerjakan tugas sesuai dengan perintah guru • Mampu menjelaskan hasil pemikiran individu di depan guru dan teman sekelas 3 Toleransi • Menghargai dan menghormati perbedaan pendapat antar individu • Menghargai dan menghormati perbedaan budaya antar individu 4 Peduli • Membantu antar individu apabila ada yang merasa sulit memahami materi • Membantu guru ketika sedang menyiapkan alat dan media pembelajaran 5 Percaya diri • Berani bertanya pada guru apabila ada materi yang kurang dipahami • Berani mengutarakan pendapat di depan guru dan teman sekelas Bergas, 1 September 2016 Mengetahui Guru Matapelajaran Seni Budaya Guru Praktikan Seni Budaya Larasati Huri Saputri, S. Pd. Nur Indah Hidayani NIP. 197108032006042005 NIM 2501413166 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATAPELAJARAN SENI BUDAYA KELAS X DISUSUN OLEH : Nur Indah Hidayani (2501413166) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2016
layanan belajar
Viral satwa langka,buruan lihat kayak gimana
Varmland - Satwa langka rusa moose putih bertanduk besar tertangkap kamera di daerah Varmland, Swedia. Adalah Hans Nilsson, anggota dew...
Sunday, 14 May 2017
rpp seni budaya
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment