TURUN MESIN
Pengertian bongkar mesin,turun mesin dan belah mesin :
1. Bongkar Mesin
Bongkar mesin adalah perbaikan motor yang tidak memerlukan turunnya mesin dari motor. Pengerjaan Bongkar Mesin meliputi pelepasan silinder dan kepala silinder, pelepasan magnet pada bak mesin sebelah kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli. Pengerjaannya meluputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga kena jurus bersih-bersih.
2. Turun Mesin
Sekarang Turun Mesin, sesuai dengan namanya Turun Mesin mewajibkan mesin turun dari dekapan rangka motor. Dan penerjaan itu tidak dapat dilakukan jika mesin masih menempel di rangka motor. Umumnya turun mesin di lakukan karena ada pengerjaan pada bagian tengah mesin, seperti perbaikan pada kruk-as, transmisi(girbox), atau penggantian as kick starter.
3. Belah Mesin
Belah Mesin,istilah ini biasanya ada di dunia balap motor. Gunanya untuk mengetahui daleman motor sesuai aturan balap atau tidak. Biasanya belah mesin dilakukan bagi pembalap yang juara 1 sampai 5
Bongkar mesin adalah perbaikan motor yang tidak memerlukan turunnya mesin dari motor. Pengerjaan Bongkar Mesin meliputi pelepasan silinder dan kepala silinder, pelepasan magnet pada bak mesin sebelah kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli. Pengerjaannya meluputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga kena jurus bersih-bersih.
2. Turun Mesin
Sekarang Turun Mesin, sesuai dengan namanya Turun Mesin mewajibkan mesin turun dari dekapan rangka motor. Dan penerjaan itu tidak dapat dilakukan jika mesin masih menempel di rangka motor. Umumnya turun mesin di lakukan karena ada pengerjaan pada bagian tengah mesin, seperti perbaikan pada kruk-as, transmisi(girbox), atau penggantian as kick starter.
3. Belah Mesin
Belah Mesin,istilah ini biasanya ada di dunia balap motor. Gunanya untuk mengetahui daleman motor sesuai aturan balap atau tidak. Biasanya belah mesin dilakukan bagi pembalap yang juara 1 sampai 5
Langkah Kerja :
1. siapin alat-alatnya* kunci-kunci standar seperlunya
* kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
* bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah
antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
* bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin
yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
* bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
* lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
* balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
* kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
* buku panduan
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
* mesin bagian kiri
o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
* mesin bagian atas
o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep,
piston, blok silinder
* mesin bagian kanan
o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
* mesin bagian tengah
o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
2. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak
yang berbeda
3.
sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar
pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada
setiap komponen
5.
secara berurutan pula sekaligus
bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat
komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
* gasket kit A ( paking top set )
* gasket kit B ( paking full set )
* oil seal selah
* oil seal operan / persnelling
* oil seal gear
* oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin
Semoga bemanfaat.
Langkah-langkah menurunkan mesin :
1.Memastikan mesin dalam keadaan dingin
2.Mengeluarkan oli mesin Melepas oil di pstick. Melepas baut tap oli yang
terletak
disebelah kiri bawah mesin dengan
menggunakan kunci ring 17.
3.Mengeluarkan air radiator Memastikan air radiator dalam
keadaan dingin. Melepas 3
baut pengikat cover radiator
dengan menggunakan kunci sock 8 Melepas
lem penjepit
selang radiator yang berhubungan
dengan tabung reservoir dan membuka tutup radiator
Melepas baut tap
air radiator dengan menggunakan kunci sock 10
4.Melepas semua sambungan kabel sistem kelistrikan yang berhubungan dengan
mesin
•Melepas konektor 2P sensor ECT
•Melepas tutup busi
•Melepas konektor 2P alternator
•Melepas konektor 2P motor starter
•Melepas konektor kabel ignition pulse generator
•Melepas konektor 3 P SE thermal valve
•Melepas baut dan kabel masa
•Bebaskan kabel kabel (ignitionpulse generator , SE thermalvalve ,
motor starter) agar tidak mengganggu proses menurunkan mesin
5.Melepas panel lantai
•Melepas 3 buah sekerup
pengikat
•Bebaskan rear tabs side
cover dengan cara menarik bagian belakang side cover atas kemudian bebaskan 3
buah lower tab dibagian bawah dengan cara menarik side cover sebelah bawah
•Bebaskan front lower tabs
yang terletak dibawah sebelah depan dengan cara menarik side cover depan bawah
•Bebaskan 4 buah upper
hooks dan frot nupper tabs cover kebelakang
6.Melepas tutup bodi /
cover body
•Melepas grap rail
Pergunakan kunci kontak
untuk membuka sadel
Melepas2 buah baut pengikat
Melepas sadel
•Melepas front center body
cover
Melepas 2 buah sekerup di
rear side
Melepas 3 buah sekeru pdi
front side
Melepas 4 buah hooks dan 4
buah tabs front center body cover ke atas
•Melepas lug gage box
Melepas tutup radiator
reserve tank
Melepas 4 buah baut
Melepas 2 buah sekerup rear
side
Melepas sekerup di front
side
Melepas lug gage box
•Melepas body cover
Melepas sekerup
Melepas rear center body cover dengan menarik kebelakang dan bebaskan 2 buah hooks dari slot
Melepas seat lock cabel dari seat lock key cylinder dan holder
Melepas konektor kombinasi lampu belakang 6 P
Melepas sekerup front side
Melepas sekerup dari kedua pillion step
Melepas 4 buah sekerup di rear lower side
Melepas 2 buah baut pada upper rear side
Menarik front side body cover ke atas dan bebaskan 2 buah tabs dari slotnya –hati sambil ditarik kebelakang
7.Mengendorkan sekerup plat pengikat dan melepas sambungan pipa udara terhadap cover crankcase sebelah
kiri
8 .Melepas pipa karet karburator dari plat pengikat pipa udara
9.Melepas selang pernafasan mesin dari klem pengikatnya
10.Melepas selang SASS dari pipa pen-suplay udara SASS
11.Melepas mur penyetel rem belakang dan pin penghubung dari kabel rem
12.Melepas pegas pengembali dari lengan rem
•Lepaskan sebagai berikut :-Fuel hose-Fuel auto valve vacuum hose-PAIR
control valve vacuum hose
•Longgarkan lock nut (murpengunci) dan lepaskan throttle cable (kabel gas)
.•Lepaskan throttle cable dari clamp.
•Lepaskan adjusting nut (mur penyetel) rem belakang dan joint pin (pin penyambung) dari brake cable (kabel rem)
.•Lepaskan return spring (pegas pengembalian) dari brake arm (lengan rem).
•Lepaskan cable clamp bolt (baut klem kabel).
•Lepaskan rear brake cable dari cable Holder (pemegang kabel).
•Lepaskan baut-baut pemasangan Dan sok breker belakang.
•Dukung rangka dalam posisi tegak.
•Tahan roda depan.
•Lepaskan nut (mur) dan engine
hanger linkbolt (baut penghubung penggantung mesin).
•Tarik mesin sedikit lurus kebelakang
dan lepaskan engine hanger link dari rangka
.•Putar bagian belakang mesin
ke kiri dan lepaskan mesin
.•Lepaskan engine hanger
link
MEMBONGKAR BAGIAN ATAS :
A.1--CYLINDER HEAD
COVERCYLINDER HEAD COVER
•Lepaskan crankcase
breather hose.
•Lepaskan special bolts
(baut khusus),mounting rubbers dan cylinder head cover.
•Lepaskan rubber seal dari
cylinder headcover.
•Pemasangan kebalikan dari
caramembongkar
.•Posisi tanda “UP”pada
seal menghadap keatas
•Torsi pengencangan baut 12
Nm.
A.2 – –CAM SHAFT
/ CYLINDER HEADCAM SHAFT / CYLINDER HEAD
•Putar crankshaft
berlawanan arah jarum jamdengan menjalankan kick starter perlahan-lahan dan
mentepatkan tanda “T”padaflywheel dengan tanda penunjuk padacrankcase kanan
.•Pastikan bahwa piston
berada pada TMA (Titik Mati Atas) pada langkah kompressi.
•Posisi ini dapat diperoleh
dengan memastikan bahwa ada kelonggaran pada rocker arm.
•Jika tidak ada kelonggaran,
hal ini disebabkan oleh karena piston bergerak melalui TMA pada langkah
pembuangan.
•Putar crankshaft satu
putaran penuh dengan menggunakan kick starter dan menepatkan tanda “T”sekali
lagi.
•Lepaskan sekrup dan O-ring
dari cam chain tensioner lifter
•Pasang special tool pada
badan tensioner dan putar toolsearah jarum jam sampai ia berhenti berputar
.•Tahan tensioner lifter
dengan menekan tool sementaramentepatkan tabs (tonjolan) dari tool dengan
alur-alurpada tensioner lifter
.•Lepaskan baut-baut cam
sprocket dari decompressorweight
.•Lepaskan susunan
decompressor weight.
•Ikat seutas kawat kepada
cam chain untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam crankcase
•Lepaskan cam sprocket dari
camshaft dan cam chain dari cam sprocket.
•Lepaskan baut-baut
cylinder head.
•Lepaskan mur-mur dan
washers dari camshaft holder dalam pola bersilang dalam dua atau tiga langkah
.•Lepaskan camshaft holder
.•Lepaskan dowel pins dari
cylinder head.
•Lepaskan cylinder head.
•Lepaskan gasket dan dowel
pins.
PISTON :
Cylinder dapat diservis
dengan mesinterpasang pada rangka.
Lepaskan cylinder head
Lepaskan kaitan dari clip
dan geserwater pipe (pipa air) ke dalam statorbase.
Lepaskan O-ring
.•Lepaskan cylinder.
•Lepaskan gasket dan dowel
pins.
•Bersihkan sisa-sisa bahan
gasket dari permukaan penyatuan cylinder pada crankcase
•Lepaskan piston pin clips
dengan tang
.•Dorong piston pin keluar
dari piston dan connecting rod, kemudian lepaskan piston
•Renggangkan masing-masing piston
ring dan keluarkan dengan mengangkatnya ke atas pada sebuah titik berlawanan
dengan celah pada ujung-ujungnya.
•Bersihkan endapan karbon
dari alur ring dengan sebuah ring bekas yang tidak dipakai lagi.
MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN
KIRI :
A.1 – –CRANKCASE
COVER . L / KICK STSRTERCRANKCASE COVER . L / KICK STSRTER
A. KICK STARTER /A. KICK
STARTER /DRIVEDRIVE--DRIVEN PULLEY/CLUTCH DRIVEN PULLEY /CLUTCH
•Longgarkan band screw
(sekrup pitapenjepit) dan lepaskan air duct (saluranudara) dari left crankcase
cover (tutup kiribak mesin).
•Lepaskan crankcase
breather drain hose(slang pembuangan/pernapasan bak mesin)dari hose clamp (klem
slang).
•Lepaskan sebagai
berikut:-Baut-baut cover-Carburetor drain hose clamp-Crankcase breather drain
hose clamp-Rear brake cable clamp-Air vent hole cover
•Lepaskan left crankcase
cover bersamadengan air management cover.
•Lepaskan kedua dowel pins,
cover gasketdari left crankcase (bak mesin kiri)
•Bersihkan permukaan
penyatuan gasket.
•Lepaskan air management cover
•Naikkan lock tabs dari left crank case cover plate
dan lepaskan sekrup
•Lepaskan kick starter driven gea rsementara memutar
kickstarter spindle
•Lepaskan thrust washer.
•Sebelum melepaskan kick starter pedal,tandai pedal
dan spindle untuk penempatan posisi pemasangan yang tepat
.•Lepaskan baut dan pedal kick starter
•Lepaskan dust seal (sil debu) dari left crank case cover.
•Lepaskan snap ring dan
washer darikickstarter spindle.
•Lepaskan kaitan dari
return spring daripin pada crankcase cover.
•Lepaskan kickstarter
spindle danreturn spring.
•Lepaskan spindle bushing
dan collar
A.2 – –DRIVE PULLEYDRIVE PULLEY
Drive pulley dapat diservis dengan mesinterpasang pada rangka.
Lepaskan left crankcase cover
Tahan drive pulley face dengan special tooldan longgarkan drive pulley
face nut (mur muka drive pulley).
TOOL: Clutch center holder
Lepaskan mur, washer, dan drive pulleyface.
Geser drive belt keluar dari drive pulleyboss dengan menekan drive belt
Lepaskan movable drive face assembly sementara memegang
bagian belakang dari face (ramp plate) dan drive face boss.
Final Reduction :
•Final reduction dapat diservis dengan mesinterpasang pada rangka.
•Keluarkan oli final reduction
•Lepaskan sebagai berikut:
-Clutch/driven pulley
-Roda belakang
-Brake shoes (sepatu rem) belakang
•Lepaskan final reduction case breather hosedari final
reduction case hose joint.
•Lepaskan baut-baut dan final reduction case.
•Lepaskan dowel pins dan gasket
.•Lepaskan sebagai berikut:
-Counter gear
-Final gear shaft
-Counter shaft
MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN
KANAN :
A.1 – Radiator Cover
•Lepaskan ketiga baut dan gerakkan radiator
cover ke depan.
•Lepaskan wire band boss dari radiator cover. 26
•Lepaskan radiator cover dari radiator
A.2 – Radiator
•Keluarkan coolant
•Lepaskan radiator cover
•Lepaskan siphon hose dan
water hoses (slang air) dari radiator.
•Lepaskan keempat
baut/washer pemasangan radiator, radiator top cover dan radiator.
•Pemasangan adalah dalam
urutan terbalik dari pelepasan.
•Isi dan buanglah udara
dari sistem pendinginan Setelah pemasangan, pastikan bahwa tidak ada kebocoran
coolant
A.3 – –COOLING FANCOOLING FAN
•Cooling fan (kipas pendingin) dapat diservis dengan mesin
terpasang dirangka
.•Lepaskan radiator
•Lepaskan ketiga baut dan cooling fan.
•Pemasangan adalah dalam urutan terbalik dari
pelepasan.
•TORSI: COOLING FAN BOLT : 8 N.m(0,8 kgf.m, 5,9
lbf.ft)
A.4 – –RADIATOR RESERVE TANKRADIATOR RESERVE
TANK
A. COOLING SYSTEMA. COOLING SYSTEM
•Lepaskan body cover
•Jepit siphon hose dengan menggunakan hose
clamp(klem slang).
•Lepaskan siphon hose dari radiator.
•Lepaskan hose clamp dan keluarkan coolant kedalam
panci penampung.
•Lepaskan reserve tank overflow hose.
•Lepaskan kedua baut dan reserve tank.
A.5 - Thermostat
•Keluarkan coolant
•Lepaskan radiator cover
•Lepaskan water hoses dari thermostat.
•Lepaskan kedua baut dan thermostat.
•Lepaskan O-ring.
A.6 – –WATER PUMPWATER PUMP
•Water pump (pompa air) dapat diservis dengan mesin terpasang pada
rangka.
•Keluarkan coolant
•Keluarkan oli mesin
•Lepaskan sebagai berikut:
•-Radiator -Cooling fan •-Thermostart -Right side cover
•Lepaskan kedua baut, wire guide (pembimbingkawat) dan
water pump cover.
•Lepaskan O-ring dari water pump cover.•Lepaskan dowel
pins.
•Lepaskan clip dari water pipe dan geser
water pipe ke sisi stator base
•Lepaskan sebagai berikut:
-Flywheel-Stator dan ignition pulse generator
-Woodruff key (spie)
•Lepaskan keempat baut dan water pump/stator base.
•Lepaskan oil pump driven gear.
•Lepaskan water pump drive gear/oil pump shaft dan
drive chain.
•Lepaskan water pump driven gear dari water pump
shaft.
•Lepaskan dowel pins.
B.1 – –FLYWHEEL / STATORFLYWHEEL / STATOR
A.
ALTERNATORB. ALTERNATOR
•Lepaskan sebagai berikut: -Body
cover -Radiator -Cooling fan-Thermostat
•Lepaskan baut-baut pemasangan dan rightside cover.
•Lepaskan kedua dowel pins.
•Tahan flywheel dengan special tool dan longgarkan flywheel
nut.
•TOOL: Universal holder
•Lepaskan flywheel nut dan washer.
•Lepaskan flywheel dengan menggunakanspecial tool.
•TOOL: Flywheel puller
•Lepaskan kawat alternator/ignition pulsegenerator
dari wire bands dan wire guides.
•Lepaskan baut, wire holder dan lepaskanwire grommet
dari crankcase kanan.
•Lepaskan kedua baut dan set plate dariignition pulse
generator.
•Lepaskan ketiga socket bolts pemasangan,stator dan
ignition pulse generator daristator base
•Lepaskan woodruff key (spie).
C.Pelumasan
C.1 – –POMPA OLI POMPA OLI
Ketika melepaskan oil pump, jangan membiarkan debu atau
kotoran memasuki mesin.
Lepaskan water pump/stator base (dasar pompa
air/stator)
Lepaskan kedua baut pemasangan dan oil pump.
MEMBONGKAR KOMPONEN BAGIAN TENGAH :
A.
Poros
Engkol
•Lepaskan kaitan dari center stand return spring(pegas
pengembalian standard tengah).
•Lepaskan cotter pin, washer, pivot shaft (porossumbu)
dan center stand
•Lepaskan baut, set plate, spring dan plunger dari
crank case kanan
•Lepaskan baut-baut crankcase dari crank case kanan.
•Tempatkan crankcase dengan crankcase kiri
menghadap ke bawah dan belah crankcase kiri dan kanan.
•Lepaskan dowel pins dari crankcase kiri.
•Angkat cam chain lepas dari timing sprocket pada
crankshaft seperti gambar di samping
•Pegang cam chain lepas timing sprocket danlepaskan
crankshaft dari crankcase kiridengan menggunakan case puller (penarikbak
mesin).
•Lepaskan cam chain.
•Lepaskan bantalan crankshaft kiri dengan menggunakan
special tool.
•TOOL: Universal bearing puller
•Lepaskan snap ring dan oil seal.
•Jika bantalan crankshaft kiri tertinggal di dalam
crankcase,lepaskan dari sisi kanan.
Lebih enak klw disertai gambar bro,,,untuk org yg msh awam tp pengen blajar,,
ReplyDeleteribet banget penjelasannya,tp okelah,membantu saya yang awam.
ReplyDeletemanaaaa gambarnyaaaaaa,,!!!!!!!
ReplyDeleteKalo misalkan kerusakannya ilang kompresi itu harus turun mesin semua apa gak ya??
ReplyDeleteuntuk selanjutnya akan kami beri gambar
ReplyDeletedan lebih bagus lagi kalau ada gambar berikut vidionya serta penjelasan langkahnya dalam vidio itu
ReplyDeletetai anjing ah
ReplyDeletecimot rdunk jangan begitu,kita sharing ajaa kok jangan emosian,maaf ya jangan tersinggung.
ReplyDelete