BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 KARBURATOR
Karburator pada
dasarnya berfungsi mencampur bahan bakar dalam ukuran yang tepat (sesuai
kebutuhan) untuk kemudian disalurkan ke dalam ruang pembakaran (silinder) dalam
bentuk kabut.
Selain itu,karburator
juga berfungsi untuk :
a.
Merubah
bahan bakar cair menjadi kabut.
b.
Mencam[ur
bensin dan udara dengan perbandingan yang tepat sesuai kebutuhan mesin.
c.
Menyuplai
campuran bahan bakar +udara kedalam ruang bakar.
Bagian – Bagian Karburator :
a.
Ruang
pelampung karburator(float chamber)
b.
Pelampung
(floater)
c.
Jarum
katup pelampung (needle valve)
d.
Katup
gas (throttle valve)
e.
Jarum
gas (jet needle)
f.
Pegas
(throttle valve spring)
g.
Pemancar
jarum (main nozzle)
h.
Pemancar
utama (main jet/spooyer)
i.
Pemancar
kecil (slow jet)
j.
Sekrup/baut
udara (air screw)
k.
Baut
gas (throttle screw)
l.
Katup
cuk (choke valve)
Prinsip kerja Karburator
·
Tekanan
Atmosfer
Tekanan
Atmosfer adalah tekanan udara yang berada disekitar kita.Udara selalu memenuhi
ruang disekitar kita dan mengalir ke tekanan yang lebih rendah.
·
Vacuum
Pengertian
vacuum yang sebenarnya adalah hampa,yaitu tidak ada udara sama sekali dalam
satu ruang tertutup. Didalam engine ,saat piston bergerak menuju Titik Mati
Bawah (TMB) ,pada saat langkah hisap
akan menimbulkan tekanan rendah atau
vacuum.
·
Venturi
Perbedaan
tekanan merupakan dasar kerja suatu karburator.Untuk mendapatkan suatu prbedaan
tekanan didalam kerburator maka dibuatlah suatu penyempitan saluran udara
didalam karburator.Penyempitan ini disebut VENTURI.
2.2
KEPALA SILINDER
·
Pengertian Kepala Siinder
Bagian
palin atas dari konstruksi mesin sepeda motor adalah kepala silinder. Kepala
silinder berfungsi sebagai penutup lubang silinder pada blok silinder dan
tempat dudukan busi.
Kepala
silinder biasanya di buat dari bahan alumunium campuran, supaya tahan karat
juga tahan terhadap suhu tinggi serta ringan.
Komponen
– Komponen Kepala Silinder
·
Nokn
as
·
Rocker
arm
·
Klep
in
·
Klep
ex
·
Pegas
klep
·
Rantai
keteng
No comments:
Post a Comment